Fatimah Zahrah Ummu Abiha

Sayidah Fatimah adalah putri bungsu Nabi Muhammad SAW dengan sayidah Khadijah. Putra putri beliau yang lain adalah Sayid Qasim dan Sayid Abdullah yang sudah wafat sejak balita, dan yang putri adalah Sayidah Ruqayah, Sayidah Zainab dan Sayidah Umi Kulsum. Sayidah Fatimah dilahirkan pada tahun kelima sebelum kenabian. Dia belum memahami apa yang sebenarnya terjadi ketika dia melihat ibunya mendampingi ayahnya yang gemetar sesudah menerima wahyu. Dan saat-saat sesudah itu adalah masa sulit dimana dia seringkali melihat ayahandanya dimusuhi dan dihina oleh kaum Quraisy. Dikisahkan suatu ketika Fatimah kecil menemani ayahnya berdakwah di masjidil haram. Beliau mengerjakan shalat dan Fatimah menunggu tidak jauh dari tempat ayahnya berdiri. Ketika ayahnya bersujud dia melihat Utbah bin Abi Muaith melemparkan seonggok kotoran ternak ke punggung ayahanda tercintanya, Kemudian dia mendekat dan menyingkirkan kotoran tersebut.

Sayidah Fatimah ikut mengalami masa-masa sulit ketika kaum Quraisy membuat kesepakatan untuk mengembargo Bani Hasyim dan Bani Abdul Mutholib secara politik, ekonomi dan sosial. Keluarganya dan kaumnya harus tinggal di suatu lembah, dataran sempit di antara dua bukit. Mereka dikepung, diboikot, dilarang membeli makanan dan menjualnya. Dan masa sulit itu berlangsung selama tiga tahun. 

Setelah berakhirnya masa pemboikotan itu, Sayidah Fatimah harus menghadapi satu kesedihan lagi, yaitu wafatnya Sang ibu yang merupakan spirit bagi keluarganya. Dan setelah wafatnya sang ibu, dia melihat ayahnya dirundung kesedihan yang teramat dalam. Sayidah Fatimah dengan sabar mendampingi ayahnya menggantikan peran ibundanya. Oleh karena itu Sayidah Fatimah mendapat gelar Ummu Abiha, yang artinya ibu bagi ayahandanya. 

By. Muslimatul Faiqoh

Referensi: Bidadari Stories Fuad Abdurrahman

Diterbitkan oleh Muslimatul Faiqoh

Pemburu Rahmat Allah

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: