SAYIDAH AISYAH BINT ABU BAKR

Akhir-akhir ini sedang viral lagu Aisyah istri Rasulullah SAW, banyak dicover oleh istri-istri salihah di sela-sela kesibukan mereka mengurus keluarga di tengah work from home atau study at home anak-anak karena mewabahnya virus corona. Dalam lagu tersebut diceritakan bagaimana romantisnya hubungan Rasulullah dengan Sayidah Aisyah putri Abu Bakar sahabat beliau. Dikisahkan saat marah beliau mencubit hidungnya, diceritakan juga mereka berdua pernah bermain berlari bersama. Sekali waktu ketika bermanja Nabi merapikan rambut istri tercintanya.

Sebagai umat Islam ada baiknya kalau kita lebih mengenal siapa itu Sayidah Aisyah RA. Dua tahun setelah wafatnya Sayidah Khadijah, Rasulullah menikahi Aisyah ketika beliau berusia sembilan tahun. Setelah resmi menjadi istri Rasulullah SAW ia pun mendapatkan gelar sebagai Ummul Mukminin (ibunya orang-orang mukmin). Selain baik budi pekertinya, Aisyah adalah perempuan yang sangat cantik. Kulitnya putih bersih dan pipinya kemerah merahan hingga ia mendapat julukan humaira, yang artinya Si pipi merah. Dan dia adalah perempuan yang sangat cerdas. Karena memiliki banyak waktu bersama Rasulullah, dia menjadi perempuan yang paling banyak meriwayatkan hadis Nabi.

Nama Aisyah diabadikan menjadi sebuah nama masjid di kota Mekah. Masjid Miqat di Tan’im biasa disebut sebagai masjid Aisyah. Dinamakan masjid Aisyah karena masjid ini pernah digunakan oleh Sayidah Aisyah untuk mengambil miqat umrah sesudah haji wada’. Letaknya tidak begitu jauh dari Masjidil Haram. Masjid cantik ini berwarna putih dengan sebuah taman kecil di depannya.

By. Muslimatul Faiqoh

Diterbitkan oleh muslimatulfaiqoh

Guru PNS DPK Kementerian Agama Kabupaten Malang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: